TUGAS
PROPOSAL
KEWIRAUSAHAAN
Brownies
Ubi Manis
Di
susun oleh:
Nama :
Eni Ramadhaniati
NIM : 201353025
Kelas : Selasa 08.00 WIB
PROGRAM STUDI SITEM INFORMASI
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2015
BAB I
Pendahuluan
A. LATAR
BELAKANG
Peluang
bisnis dalam bidang olohan makanan memang sangat menjanjikan untuk memperoleh
keuntungan yang sangat besar. Salah satunya adalah dengan mengolah “UBI UNGU”
menjadi Bronies yang Lezat dan digemari oleh masyarakat luas. Ubi jalar adalah bahan
makanan dari jenis umbi-umbian, selain singkong, talas dan kentang yang bisa
langsung diolah menjadi beragam makanan ringan yang lezat dan enak. Di
Indonesia , Ubi jalar sudah sangat dikenal oleh sebagian masyarakat.Namun
sayangnya, ubi jalar bukanlah jenis makanan favorit dan biasanya lebih dikenal
sebagai makanan rakyat pedesaan. Padahal, ubi jalar mengandung beragam gizi yang sangat baik, bahkan jika
kreatif dalam pengolahannya bisa menjadi lahan bisnis yang menguntungkan.
Pendirian
usaha ini dapat meningkatkan nilai tambah ubi dengan mengolahnya menjadi
“Bronies Ubi” dengan cita rasa yang khas. Sehingga dapat menjadi makanan ringan
yang menyehatkan.
BAB II
BUSINESS PLAN
A.
VISI & MISI
VISI
1.
Untuk mengembangkan kreatifitas dalam mengolah
makanan terutama berbahan “Ubi”
2.
Untuk mengenalkan ke masyarakat bahwa
ubi dapat diolah menjadi kue bronies yang lezat dan menyehatkan
MISI
1.
Meningkatkan kualitas dalam pengolahan
ubi menjadi kue bronies
2.
Melayani konsumen sebaik mungkin
3.
Menyiapkan lokasi yang strategis dan
nyaman bagi pengunjung
B.
IDENTIFIKASI USAHA
Usaha yang dijalankan
ini diusulkan oleh:
Nama :
Eni Ramadhaniati
Nama Usaha :
Brownies Ungu
Alamat Usaha
: Perum Muria Indah Blok E 154
No. telp. Usaha
: 085326028388
C.
RUANG LINGKUP USAHA
Usaha
ini masih berorientasi didalam kota Kudus saja. Namun lokasi usaha sangat
strategis karena berada di jantung kota. Lokasi usaha pun mudah dijangkau oleh
konsumen, tersedianya fasilitas listrik air dan telepon serta dekat dengan
fasilitas umum (jalan raya). Seiring berjalan nya waktu maka usah ini akan
terus berkembang hingga ruang lingkup usaha pun dapat mencapai hingga ke luar
kota.
D.
TUJUAN
1. Membuat
produk makanan ringan yang lezat dan menyehatkan berbahan dasar ubi sehingga memiliki
inovasi baru dalam bentuk kue Bronies.
2. Mendapatkan
laba, sehingga meningkatkan perekonomian.
3. Memperkenalkan produk bronies ubi ini kepada
masyarakat luas sebagai makanan yg memiliki cita rasa khas dari ubi itu
sendiri.
BAB III
ANALISIS USAHA
A.
RENCANA PRODUK
Bronies
ubi merupakan makanan ringan yang lezat dan menyehatkan. Produk ini akan diolah
dengan menggunakan bahan dasar ubi ungu. Sehingga menghasilkan cita rasa yang
khas dalam bentuk kue bronies ubi.
B.
PRODUK/JASA YANG DIHASILKAN
Keistimewaan
bronies ubi:
1. Makanan
ringan yang lezat dan menyehatkan.
2. Bisa
di hidangkan sebagai kue ulang tahun, atau dinikmati pada waktu santai
3. Dan
bisa dinikmati oleh semua kalangan.
4. Harga
relatif terjangkau
BAB IV
DESKRIPSI TENTANG USAHA
A. JENIS
USAHA
Jenis
usaha merupakan UKM (Usaha Kecil Menengah) yang memproduksi makanan ringan yang
lezat dan menyehatkan berbahan dasar ubi dengan cita rasa yang khas berupa kue
Bronies Ubi.
B. PROSPEK
USAHA
Usaha
ini merupakan usaha kecil menengah, dalam usaha ini belum membutuhkan karyawan
banyak. Hanya pemilik dan 2 orang karyawan saja. Namun dengan tempat strategis
yang dimiliki akan sangat memungkinkan untuk usaha ini dapat berkembang pesat
seiring berjalan nya waktu.
BAB V
RENCANA PRODUKSI
A. BAHAN BAKU DAN PENGGUNAANNYA
Bahan-bahan untuk
membuat Bronies Ubi :
1.
200 gram ubi ungu, dikukus, dihaluskan
2.
150 gram margarin
3.
200 gram dark cooking chocolate,
potong-potong
4.
3 butir telur
5.
50 gram tepung terigu protein sedang
6.
25 gram cokelat bubuk
7.
15 gram susu bubuk
8.
½ sendok teh baking powder
9.
75 gram kismis, dipotong 2 bagian
10.
100 gram kacang tanahh, disangrai,
cincang kasar
11.
15 gram kacang tanah kupas disangrai,
dicincang kasar
B.
PROSES PRODUKSI
Cara
Membuat Bronies Ubi Ungu .
1.
Panaskan margarin. Matikan api. Tambahkan
potongan dark cooking chocolate. Aduk sampai larut. Tambahkan ubi ungu. Aduk
rata. Sisihkan dan biarkan mengental.
2.
Kocok telur dan gula pasir 2 menit
sampai rata. Masukkan campuran margarin sedikit-sedikit sambil dikocok rata.
3.
Tambahkan tepung terigu, cokelat bubuk,
susu bubuk, dan baking powder sambil diayak dan dikocok perlahan. Masukkan
kismis, dan kacang tanah. Aduk rata.
4.
Tuang adonan di loyang yang dioles
margarin dan dialas kertas roti. Taburkan kacang.
5.
Oven dengan api bawah suhu 180 derajat
celcius 30 menit sampai matang. Dinginkan.
BAB VI
RENCANA PEMASARAN
A.
ANALISIS PERSAINGAN USAHA
Setiap
kegiatan untuk memulai usaha harus mengukur kemampuan terhadap lingkungan atau
pesaing yaitu melalui analisis SWOT.
1. Strength
(Kekuatan)
Untuk bisnis bronies
ubi itu sendiri masih memiliki peluang besar untuk menarik perhatian para
konsumen karena untuk pesaing nya sendiri masih belum banyak yang membuka usaha
kue bronies berbahan dasar ubi. Jadi untuk memperoleh keuntungan besar sangat
memungkinkan dari bisnis bronies ubi ini.
2. Weakness
(Kelemahan)
Bronies ubi ini tidak
dapat bertahan lama karna pengolahan nya tidak menggunakan bahan kimia atau
bahan pengawet. Hanya berbahan dasar alami. Jadi kue ini hanya dapat bertahan
sekitar7 sampai 10 hari.
3. Oppurtinity
(Peluang)
Peluang yang ada dalam
bisnis bronies ubi ini antara lain:
·
Bahan baku yang mudah didapatkan.
·
Manfaat ubi yang beranekaragam.
Kandungan tanaman ubi
sangat banyak, terdiri dari mineral, vitamin, karbohidrat, serat, protein,
lemak, dan lain-lain, sehingga apabila orang hanya mengonsumsi tanaman ubi
saja, sudah tercukupi secara minimal gizinya. Tanaman ubi dengan mudah dapat
dicerna, gula yang terdapat di tanaman tersebut diubah menjadi sumber tenaga
yang bagus secara cepat, dan itu bagus dalam pembentukan tubuh, untuk kerja
otot, dan sangat bagus untuk menghilangkan rasa lelah. Karena manfaat-manfaat
tersebut ubi banyak disukai oleh berbagai kalangan.
Lokasi yang strategis,
lokasi Sweet Bronies Ubi yang terletak ditempat-tempat strategis dikota Kudus.
4. Threath
(Ancaman)
Pesaing dari bisnis
bronies yang saat ini jauh lebih terkenal dan lebih dikenal oleh masyarakat
luas.
B. ANALISIS 4P
1. Produk
Produk
yang diolah adalah kue bronies berbahan dasar Ubi ungu. Tanpa bahan pengawet
dan pembuatan nya sangat mudah.
2. Price
Sweet
Bronies Ubi menawarkan harag yang dapat terjangkau oleh semua kalangan Rp
35.000/loyang
3. Promotion
Promosi
awal akan dilakukan dengan mendatangi rumah-kerumah dan menyebarkan
pamflet-pamflet kepada masyarakat dan pengguna jalan , sebagai pengenalan
terhadap sweet bronies ubi, selanjutnya apabila sweet bronies ubu mulai
diminati, pasti akan ada pihak-pihak yang menyebarkan lewat mulut-kemulut
tentang kenikmatan yang ditawarkan di sweet bronies ubi, dengan cara itu sweet
bronies ubu yakin akan dapat semakin dekat dengan konsumen dan dapat berkembang
secara pesat.
4. Place
Sweet
bronies ubi menyediakan tempat yang dapat memberi kenyamanan bagi konsumen,
karena pelayan akan selalu menjaga kebersihan tempat dan juga peralatan yang
digunakan. Penataan ruangan yang rapi, meja dan kursi dengan jumlah yang cukup,
akan semakin membuat sweet bronies ubi menjadi tempat yang nyaman untuk para
konsumennya.
C. TARGET DAN SEGMENTASI PASAR
1. Geografi
Wilayah
yang dijadikan target dalam bisnis bronies ubi ini adalah wilayah jantung kota Kudus.
2. Demografi
Berdasarkan
demografi secara pasar kami bertuju pada mahasiswa, masyarakat khususnya yang
terletak disekitaran tempat usaha sweet bronies ubi ini.
D. STRATEGI PEMASARAN
1. Perkenalan Bisnis
Produk
yang disajikan adalah kue bronies yang berbahan dasar ubi yang merupakan
makanan ringan yang lezat dan
menyehatkan. Serta dapat dinikmati oleh semua kalangan.
2.
Membangun jaringan dengan usaha lain yang dapat mendukung bisnis
Usaha
ini memiliki produk kue bronies yang berbahan dasar ubi ungu, sehingga dapat
bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang membuka usaha dengan produk yang
sama yaitu bronies.
3. Menciptakan inovasi pada desain yang
ditawarkan
Produk
yang disajikan berupa kue bronies ubi dengan diolesi coklat lelet dan diberikan
toping kacang,kismis, dan dapat
ditambahkan buah-buahan diatasnya seperti strawberry ataupun kiwi.
Bentuk maupun toping dari bronies ubi
ini dapat dibuat sesuai pemesanan dari pelanggan.
4. Meningkatkan kualitas bagi pelayanan
Menyediakan
website untuk wadah para konsumen memberikan saran atas produk yang dibuat oleh
sweet bronies ubi.
5. Media pemasaran
Kami
menambahkan No.Hp dalam brosur yang kami bagikan kesetiap pengunjung. Karena
kami juga memberikan jasa pesan antar bagi pelanggan yang ingin memesan
brronies ubi ini. Selain itu, kami akan mempromosikan produk kami melalui media
social seperti facebook dan twitter serta face to face.
BAB VII
RENCANA PERMODALAN
A. Biaya
Awal
Biaya Variabel :
Sweet Bronies Ubi
|
||||
No
|
Keterangan
|
Banyak Produk
|
Biaya Pokok
|
Jumlah
|
1
|
Tepung Terigu
|
14
|
Rp 8.000
|
Rp 112.000
|
2
|
Telur
|
48
|
Rp 1.500
|
Rp 72.000
|
3
|
Baking Powder
|
6
|
Rp 3.000
|
Rp 18.000
|
4
|
Coklat blok
|
4
|
Rp 30.000
|
Rp 120.000
|
5
|
Gula pasir
|
2,5
|
Rp 14000
|
Rp 35.000
|
6
|
Coklat bubuk
|
2
|
Rp 3.000
|
Rp 6.000
|
7
|
Margarin
|
2
|
Rp 15.000
|
Rp 30.000
|
8
|
kismis
|
1,5
|
Rp 16.000
|
Rp 24.000
|
9
|
Kacang tanah
|
1,5
|
Rp 12.000
|
Rp 18.000
|
10
|
Susu bubuk
|
1
|
Rp 20000
|
Rp 20.000
|
TOTAL SELAMA SEBULAN
|
Rp 455.000
|
Keterangan : masing –masing jumlah x 4
minggu (1 bulan)
Biaya Tetap :
Sweet Bronies Ubi
|
|||||
Biaya Tetap (Fixed Cost)
|
|||||
No
|
Keterangan
|
Banyaknya
|
Harga/Satuan
|
Jumlah
|
|
1
|
Kulkas
|
1
|
Rp 2.500.000
|
Rp 2.500.000
|
|
2
|
Etalase
|
1
|
Rp 3.000.000
|
Rp 3.000.000
|
|
3
|
0ven
|
2
|
Rp 850.000
|
Rp 1.700.000
|
|
4
|
Lap Tangan
|
1
|
Rp 15.000
|
Rp 15.000
|
|
5
|
Mixer
|
1
|
Rp 300.000
|
Rp 300.000
|
|
6
|
Pisau
|
1
|
Rp 7.000
|
Rp 7.000
|
|
7
|
Loyang
|
4
|
Rp 25.000
|
Rp 100.000
|
|
8
|
Kompor Gas
|
1
|
Rp 500.000
|
Rp 500.000
|
|
9
|
Tabung Elpiji
|
1
|
Rp 150.000
|
Rp 150.000
|
|
10
|
Banner, Sticker & Daftar Harga
|
Rp 100.000
|
Rp 100.000
|
||
11
|
Sewa Tempat
|
Rp 1.000.000
|
Rp 1.000.000
|
||
12
|
Regulator & Selang
|
1
|
Rp 80.000
|
Rp 80.000
|
|
13
|
Biaya Promosi
|
Rp 600000
|
Rp 600.000
|
||
14
|
Biaya Listrik Air, & Telpon
|
Rp 200.000
|
Rp 200.000
|
||
15
|
Biaya Pegawai
|
2
|
Rp 1.500.000
|
Rp 3.000.000
|
|
16
|
Biaya Penyusutan Peralatan
|
Rp 1.952.316
|
|||
Total
|
Rp 15.204.316
|
Perhitungan Biaya
Penyusutan Peralatan :
1. Kulkas
: Harga pokok = Rp. 2.500.000 =
Rp. 41.667/bln
n 60
2. Etalase
: Harga pokok = Rp. 3.000.000 =
Rp 50.000/bulan
n 60
3. Oven
: Harga pokok = Rp. 1.700.000 =
Rp 47.222/bulan
n 36
4. Mixer
: Harga pokok = Rp. 300.000 = Rp
8.333/bulan
n 36
5. Pisau
: Harga pokok = Rp. 7.000 = Rp
194/bulan
n 36
6. Loyang: Harga
pokok = Rp. 100.000 = Rp 2.777/bulan
n 36
7. Kompor
Gas: Harga pokok = Rp. 500.000 =
Rp 8.333/bulan
n 60
8. Tabung
: Harga pokok = Rp. 150.000 = Rp
4.167/bulan
n 36
41.66750.000
+ 47.222 + 8.333 + 194 + 2.777 + 8.333+ 4.167 =
Rp 162.693 x 12 bulan = Rp
1.952.316,00/tahun
B.
HARGA PER UNIT
Harga jual bronis ubi
satu loyang Rp 35.000,Target penjualan bronies ubi per hari adalah 20 loyang
C.
MODAL AWAL
Total biaya awal : Rp 455.000 + Rp 15.204.316 = Rp
15.659.316
D.
ANALSIS KEUNTUNGAN
Waktu
berjualan yaitu hari senin s/d minggu. Berikut rinciannya :
1.
Pendapatan Harian = Rp
35.000 x 10 loyang = Rp 350.000
2.
Pendapatan bulanan = Rp
350.000 x 30 hari = 10.500.000
3.
Jika diasumsikan
penjualan 1 tahun konstan, maka:
4.
Pendapatan yang akan
dicapai = Rp 10.500.000 x 12 = Rp 126.000.000
5.
Dan dengan biaya variabel
= Rp 455.000 x 12 = Rp 5.460.000
6.
Maka laba kotor yang akan
dicapai dalam 1 tahun
7.
Rp 126.000.000 – Rp
5.460.000 = Rp 120.540.000
E. PENGEMBALIAN MODAL
Total
modal awal : keuntungan per bulan = Rp 15.659.316 : Rp 10.500.000 = 1,5
bulan (35 hari)
BAB VIII
RESIKO
Resiko
yang mungkin terjadi dalam usaha yaitu persaingan dari pengusaha yang sama
memproduksi bronies berbahan ubi dan juga mutu dari bahan yang diperoleh bisa
saja memiliki kualitas rendah atau rusak karena tidak tahan lama sehingga berdampak
juga pada kualitas produk yang dihasilkan dan mengakibatkan berkurangnya
pembeli produk Sweet Bronies Ubi.
BAB X
PENUTUP
A. Kesimpulan
Usaha bronies ubi ini merupakan usaha
yang memiliki peluang besar untuk memperole keuntungan besar dan menarik banyak
pelanggan. Karena manfaat dari ubi itu sendiri serta dapat menciptakan rasa
yang khas sebagai makanan ringan yang lezat dan menyehatkan. Dan juga usaha
sweet bronies ubi ini memiliki tempat yg strategis yaitu di jantung kota kudus serta
memiliki harga yang relatif terjangkau. Dan dapat dinikmati oleh semua kalangan
mulai dari balita-orang tua.
B. Saran
Didalam melakukan usaha dituntut untuk
selalu serius didalam berbagai persoalan dan selalu fokus pada peluang, kita
tidak bisa dalam memulai bisnis itu secara setengah-setengah, dan
bermalas-malasan yang berharap pada keberuntungan . terjadinya suatu kegagalan
berusaha sebenarnya bukan disebabkan oleh orang lain namun berasal dari diri
kita sendiri, dengan demikian ketekunan dalam menjalankannya dalah suatu
keharusan. Dalam berwirausaha perhitungan dalam awal usaha sangatlah penting,
karena apabila kita salah dalam menentukan perhitungan awal, maka yang akan
terjadi adalah ketidak seimbangan dalam pendapatan. Sebaiknya didalam memulai berwirausaha,
sebaiknya kita bertanya pada yang lebih berpengalaman.dengan semikian
setidaknya kita akan terhindar dari resiko kegagalan maupun kerugian.BAB IX
RESIKO
Resiko
yang mungkin terjadi dalam usaha yaitu persaingan dari pengusaha yang sama
memproduksi bronies berbahan ubi dan juga mutu dari bahan yang diperoleh bisa
saja memiliki kualitas rendah atau rusak karena tidak tahan lama sehingga
berdampak juga pada kualitas produk yang dihasilkan dan mengakibatkan
berkurangnya pembeli produk Sweet Bronies Ubi.
Di
susun oleh:
Nama :
Eni Ramadhaniati
NIM : 201353025
Kelas : Selasa 08.00 WIB
PROGRAM STUDI SITEM INFORMASI
FAKULTAS TEKNIK
UNIVERSITAS MURIA KUDUS
2015
BAB I
Pendahuluan
A. LATAR
BELAKANG
Peluang
bisnis dalam bidang olohan makanan memang sangat menjanjikan untuk memperoleh
keuntungan yang sangat besar. Salah satunya adalah dengan mengolah “UBI UNGU”
menjadi Bronies yang Lezat dan digemari oleh masyarakat luas. Ubi jalar adalah bahan
makanan dari jenis umbi-umbian, selain singkong, talas dan kentang yang bisa
langsung diolah menjadi beragam makanan ringan yang lezat dan enak. Di
Indonesia , Ubi jalar sudah sangat dikenal oleh sebagian masyarakat.Namun
sayangnya, ubi jalar bukanlah jenis makanan favorit dan biasanya lebih dikenal
sebagai makanan rakyat pedesaan. Padahal, ubi jalar mengandung beragam gizi yang sangat baik, bahkan jika
kreatif dalam pengolahannya bisa menjadi lahan bisnis yang menguntungkan.
Pendirian
usaha ini dapat meningkatkan nilai tambah ubi dengan mengolahnya menjadi
“Bronies Ubi” dengan cita rasa yang khas. Sehingga dapat menjadi makanan ringan
yang menyehatkan.
BAB II
BUSINESS PLAN
A.
VISI & MISI
VISI
1.
Untuk mengembangkan kreatifitas dalam mengolah
makanan terutama berbahan “Ubi”
2.
Untuk mengenalkan ke masyarakat bahwa
ubi dapat diolah menjadi kue bronies yang lezat dan menyehatkan
MISI
1.
Meningkatkan kualitas dalam pengolahan
ubi menjadi kue bronies
2.
Melayani konsumen sebaik mungkin
3.
Menyiapkan lokasi yang strategis dan
nyaman bagi pengunjung
B.
IDENTIFIKASI USAHA
Usaha yang dijalankan
ini diusulkan oleh:
Nama :
Eni Ramadhaniati
Nama Usaha :
Brownies Ungu
Alamat Usaha
: Perum Muria Indah Blok E 154
No. telp. Usaha
: 085326028388
C.
RUANG LINGKUP USAHA
Usaha
ini masih berorientasi didalam kota Kudus saja. Namun lokasi usaha sangat
strategis karena berada di jantung kota. Lokasi usaha pun mudah dijangkau oleh
konsumen, tersedianya fasilitas listrik air dan telepon serta dekat dengan
fasilitas umum (jalan raya). Seiring berjalan nya waktu maka usah ini akan
terus berkembang hingga ruang lingkup usaha pun dapat mencapai hingga ke luar
kota.
D.
TUJUAN
1. Membuat
produk makanan ringan yang lezat dan menyehatkan berbahan dasar ubi sehingga memiliki
inovasi baru dalam bentuk kue Bronies.
2. Mendapatkan
laba, sehingga meningkatkan perekonomian.
3. Memperkenalkan produk bronies ubi ini kepada
masyarakat luas sebagai makanan yg memiliki cita rasa khas dari ubi itu
sendiri.
BAB III
ANALISIS USAHA
A.
RENCANA PRODUK
Bronies
ubi merupakan makanan ringan yang lezat dan menyehatkan. Produk ini akan diolah
dengan menggunakan bahan dasar ubi ungu. Sehingga menghasilkan cita rasa yang
khas dalam bentuk kue bronies ubi.
B.
PRODUK/JASA YANG DIHASILKAN
Keistimewaan
bronies ubi:
1. Makanan
ringan yang lezat dan menyehatkan.
2. Bisa
di hidangkan sebagai kue ulang tahun, atau dinikmati pada waktu santai
3. Dan
bisa dinikmati oleh semua kalangan.
4. Harga
relatif terjangkau
BAB IV
DESKRIPSI TENTANG USAHA
A. JENIS
USAHA
Jenis
usaha merupakan UKM (Usaha Kecil Menengah) yang memproduksi makanan ringan yang
lezat dan menyehatkan berbahan dasar ubi dengan cita rasa yang khas berupa kue
Bronies Ubi.
B. PROSPEK
USAHA
Usaha
ini merupakan usaha kecil menengah, dalam usaha ini belum membutuhkan karyawan
banyak. Hanya pemilik dan 2 orang karyawan saja. Namun dengan tempat strategis
yang dimiliki akan sangat memungkinkan untuk usaha ini dapat berkembang pesat
seiring berjalan nya waktu.
BAB V
RENCANA PRODUKSI
A. BAHAN BAKU DAN PENGGUNAANNYA
Bahan-bahan untuk
membuat Bronies Ubi :
1.
200 gram ubi ungu, dikukus, dihaluskan
2.
150 gram margarin
3.
200 gram dark cooking chocolate,
potong-potong
4.
3 butir telur
5.
50 gram tepung terigu protein sedang
6.
25 gram cokelat bubuk
7.
15 gram susu bubuk
8.
½ sendok teh baking powder
9.
75 gram kismis, dipotong 2 bagian
10.
100 gram kacang tanahh, disangrai,
cincang kasar
11.
15 gram kacang tanah kupas disangrai,
dicincang kasar
B.
PROSES PRODUKSI
Cara
Membuat Bronies Ubi Ungu .
1.
Panaskan margarin. Matikan api. Tambahkan
potongan dark cooking chocolate. Aduk sampai larut. Tambahkan ubi ungu. Aduk
rata. Sisihkan dan biarkan mengental.
2.
Kocok telur dan gula pasir 2 menit
sampai rata. Masukkan campuran margarin sedikit-sedikit sambil dikocok rata.
3.
Tambahkan tepung terigu, cokelat bubuk,
susu bubuk, dan baking powder sambil diayak dan dikocok perlahan. Masukkan
kismis, dan kacang tanah. Aduk rata.
4.
Tuang adonan di loyang yang dioles
margarin dan dialas kertas roti. Taburkan kacang.
5.
Oven dengan api bawah suhu 180 derajat
celcius 30 menit sampai matang. Dinginkan.
BAB VI
RENCANA PEMASARAN
A.
ANALISIS PERSAINGAN USAHA
Setiap
kegiatan untuk memulai usaha harus mengukur kemampuan terhadap lingkungan atau
pesaing yaitu melalui analisis SWOT.
1. Strength
(Kekuatan)
Untuk bisnis bronies
ubi itu sendiri masih memiliki peluang besar untuk menarik perhatian para
konsumen karena untuk pesaing nya sendiri masih belum banyak yang membuka usaha
kue bronies berbahan dasar ubi. Jadi untuk memperoleh keuntungan besar sangat
memungkinkan dari bisnis bronies ubi ini.
2. Weakness
(Kelemahan)
Bronies ubi ini tidak
dapat bertahan lama karna pengolahan nya tidak menggunakan bahan kimia atau
bahan pengawet. Hanya berbahan dasar alami. Jadi kue ini hanya dapat bertahan
sekitar7 sampai 10 hari.
3. Oppurtinity
(Peluang)
Peluang yang ada dalam
bisnis bronies ubi ini antara lain:
·
Bahan baku yang mudah didapatkan.
·
Manfaat ubi yang beranekaragam.
Kandungan tanaman ubi
sangat banyak, terdiri dari mineral, vitamin, karbohidrat, serat, protein,
lemak, dan lain-lain, sehingga apabila orang hanya mengonsumsi tanaman ubi
saja, sudah tercukupi secara minimal gizinya. Tanaman ubi dengan mudah dapat
dicerna, gula yang terdapat di tanaman tersebut diubah menjadi sumber tenaga
yang bagus secara cepat, dan itu bagus dalam pembentukan tubuh, untuk kerja
otot, dan sangat bagus untuk menghilangkan rasa lelah. Karena manfaat-manfaat
tersebut ubi banyak disukai oleh berbagai kalangan.
Lokasi yang strategis,
lokasi Sweet Bronies Ubi yang terletak ditempat-tempat strategis dikota Kudus.
4. Threath
(Ancaman)
Pesaing dari bisnis
bronies yang saat ini jauh lebih terkenal dan lebih dikenal oleh masyarakat
luas.
B. ANALISIS 4P
1. Produk
Produk
yang diolah adalah kue bronies berbahan dasar Ubi ungu. Tanpa bahan pengawet
dan pembuatan nya sangat mudah.
2. Price
Sweet
Bronies Ubi menawarkan harag yang dapat terjangkau oleh semua kalangan Rp
35.000/loyang
3. Promotion
Promosi
awal akan dilakukan dengan mendatangi rumah-kerumah dan menyebarkan
pamflet-pamflet kepada masyarakat dan pengguna jalan , sebagai pengenalan
terhadap sweet bronies ubi, selanjutnya apabila sweet bronies ubu mulai
diminati, pasti akan ada pihak-pihak yang menyebarkan lewat mulut-kemulut
tentang kenikmatan yang ditawarkan di sweet bronies ubi, dengan cara itu sweet
bronies ubu yakin akan dapat semakin dekat dengan konsumen dan dapat berkembang
secara pesat.
4. Place
Sweet
bronies ubi menyediakan tempat yang dapat memberi kenyamanan bagi konsumen,
karena pelayan akan selalu menjaga kebersihan tempat dan juga peralatan yang
digunakan. Penataan ruangan yang rapi, meja dan kursi dengan jumlah yang cukup,
akan semakin membuat sweet bronies ubi menjadi tempat yang nyaman untuk para
konsumennya.
C. TARGET DAN SEGMENTASI PASAR
1. Geografi
Wilayah
yang dijadikan target dalam bisnis bronies ubi ini adalah wilayah jantung kota Kudus.
2. Demografi
Berdasarkan
demografi secara pasar kami bertuju pada mahasiswa, masyarakat khususnya yang
terletak disekitaran tempat usaha sweet bronies ubi ini.
D. STRATEGI PEMASARAN
1. Perkenalan Bisnis
Produk
yang disajikan adalah kue bronies yang berbahan dasar ubi yang merupakan
makanan ringan yang lezat dan
menyehatkan. Serta dapat dinikmati oleh semua kalangan.
2.
Membangun jaringan dengan usaha lain yang dapat mendukung bisnis
Usaha
ini memiliki produk kue bronies yang berbahan dasar ubi ungu, sehingga dapat
bekerjasama dengan perusahaan-perusahaan yang membuka usaha dengan produk yang
sama yaitu bronies.
3. Menciptakan inovasi pada desain yang
ditawarkan
Produk
yang disajikan berupa kue bronies ubi dengan diolesi coklat lelet dan diberikan
toping kacang,kismis, dan dapat
ditambahkan buah-buahan diatasnya seperti strawberry ataupun kiwi.
Bentuk maupun toping dari bronies ubi
ini dapat dibuat sesuai pemesanan dari pelanggan.
4. Meningkatkan kualitas bagi pelayanan
Menyediakan
website untuk wadah para konsumen memberikan saran atas produk yang dibuat oleh
sweet bronies ubi.
5. Media pemasaran
Kami
menambahkan No.Hp dalam brosur yang kami bagikan kesetiap pengunjung. Karena
kami juga memberikan jasa pesan antar bagi pelanggan yang ingin memesan
brronies ubi ini. Selain itu, kami akan mempromosikan produk kami melalui media
social seperti facebook dan twitter serta face to face.
BAB VII
RENCANA PERMODALAN
A. Biaya
Awal
Biaya Variabel :
Sweet Bronies Ubi
|
||||
No
|
Keterangan
|
Banyak Produk
|
Biaya Pokok
|
Jumlah
|
1
|
Tepung Terigu
|
14
|
Rp 8.000
|
Rp 112.000
|
2
|
Telur
|
48
|
Rp 1.500
|
Rp 72.000
|
3
|
Baking Powder
|
6
|
Rp 3.000
|
Rp 18.000
|
4
|
Coklat blok
|
4
|
Rp 30.000
|
Rp 120.000
|
5
|
Gula pasir
|
2,5
|
Rp 14000
|
Rp 35.000
|
6
|
Coklat bubuk
|
2
|
Rp 3.000
|
Rp 6.000
|
7
|
Margarin
|
2
|
Rp 15.000
|
Rp 30.000
|
8
|
kismis
|
1,5
|
Rp 16.000
|
Rp 24.000
|
9
|
Kacang tanah
|
1,5
|
Rp 12.000
|
Rp 18.000
|
10
|
Susu bubuk
|
1
|
Rp 20000
|
Rp 20.000
|
TOTAL SELAMA SEBULAN
|
Rp 455.000
|
Keterangan : masing –masing jumlah x 4
minggu (1 bulan)
Biaya Tetap :
Sweet Bronies Ubi
|
|||||
Biaya Tetap (Fixed Cost)
|
|||||
No
|
Keterangan
|
Banyaknya
|
Harga/Satuan
|
Jumlah
|
|
1
|
Kulkas
|
1
|
Rp 2.500.000
|
Rp 2.500.000
|
|
2
|
Etalase
|
1
|
Rp 3.000.000
|
Rp 3.000.000
|
|
3
|
0ven
|
2
|
Rp 850.000
|
Rp 1.700.000
|
|
4
|
Lap Tangan
|
1
|
Rp 15.000
|
Rp 15.000
|
|
5
|
Mixer
|
1
|
Rp 300.000
|
Rp 300.000
|
|
6
|
Pisau
|
1
|
Rp 7.000
|
Rp 7.000
|
|
7
|
Loyang
|
4
|
Rp 25.000
|
Rp 100.000
|
|
8
|
Kompor Gas
|
1
|
Rp 500.000
|
Rp 500.000
|
|
9
|
Tabung Elpiji
|
1
|
Rp 150.000
|
Rp 150.000
|
|
10
|
Banner, Sticker & Daftar Harga
|
Rp 100.000
|
Rp 100.000
|
||
11
|
Sewa Tempat
|
Rp 1.000.000
|
Rp 1.000.000
|
||
12
|
Regulator & Selang
|
1
|
Rp 80.000
|
Rp 80.000
|
|
13
|
Biaya Promosi
|
Rp 600000
|
Rp 600.000
|
||
14
|
Biaya Listrik Air, & Telpon
|
Rp 200.000
|
Rp 200.000
|
||
15
|
Biaya Pegawai
|
2
|
Rp 1.500.000
|
Rp 3.000.000
|
|
16
|
Biaya Penyusutan Peralatan
|
Rp 1.952.316
|
|||
Total
|
Rp 15.204.316
|
Perhitungan Biaya
Penyusutan Peralatan :
1. Kulkas
: Harga pokok = Rp. 2.500.000 =
Rp. 41.667/bln
n 60
2. Etalase
: Harga pokok = Rp. 3.000.000 =
Rp 50.000/bulan
n 60
3. Oven
: Harga pokok = Rp. 1.700.000 =
Rp 47.222/bulan
n 36
4. Mixer
: Harga pokok = Rp. 300.000 = Rp
8.333/bulan
n 36
5. Pisau
: Harga pokok = Rp. 7.000 = Rp
194/bulan
n 36
6. Loyang: Harga
pokok = Rp. 100.000 = Rp 2.777/bulan
n 36
7. Kompor
Gas: Harga pokok = Rp. 500.000 =
Rp 8.333/bulan
n 60
8. Tabung
: Harga pokok = Rp. 150.000 = Rp
4.167/bulan
n 36
41.66750.000
+ 47.222 + 8.333 + 194 + 2.777 + 8.333+ 4.167 =
Rp 162.693 x 12 bulan = Rp
1.952.316,00/tahun
B.
HARGA PER UNIT
Harga jual bronis ubi
satu loyang Rp 35.000,Target penjualan bronies ubi per hari adalah 20 loyang
C.
MODAL AWAL
Total biaya awal : Rp 455.000 + Rp 15.204.316 = Rp
15.659.316
D.
ANALSIS KEUNTUNGAN
Waktu
berjualan yaitu hari senin s/d minggu. Berikut rinciannya :
1.
Pendapatan Harian = Rp
35.000 x 10 loyang = Rp 350.000
2.
Pendapatan bulanan = Rp
350.000 x 30 hari = 10.500.000
3.
Jika diasumsikan
penjualan 1 tahun konstan, maka:
4.
Pendapatan yang akan
dicapai = Rp 10.500.000 x 12 = Rp 126.000.000
5.
Dan dengan biaya variabel
= Rp 455.000 x 12 = Rp 5.460.000
6.
Maka laba kotor yang akan
dicapai dalam 1 tahun
7.
Rp 126.000.000 – Rp
5.460.000 = Rp 120.540.000
E. PENGEMBALIAN MODAL
Total
modal awal : keuntungan per bulan = Rp 15.659.316 : Rp 10.500.000 = 1,5
bulan (35 hari)
BAB VIII
RESIKO
Resiko
yang mungkin terjadi dalam usaha yaitu persaingan dari pengusaha yang sama
memproduksi bronies berbahan ubi dan juga mutu dari bahan yang diperoleh bisa
saja memiliki kualitas rendah atau rusak karena tidak tahan lama sehingga berdampak
juga pada kualitas produk yang dihasilkan dan mengakibatkan berkurangnya
pembeli produk Sweet Bronies Ubi.
BAB X
PENUTUP
A. Kesimpulan
Usaha bronies ubi ini merupakan usaha
yang memiliki peluang besar untuk memperole keuntungan besar dan menarik banyak
pelanggan. Karena manfaat dari ubi itu sendiri serta dapat menciptakan rasa
yang khas sebagai makanan ringan yang lezat dan menyehatkan. Dan juga usaha
sweet bronies ubi ini memiliki tempat yg strategis yaitu di jantung kota kudus serta
memiliki harga yang relatif terjangkau. Dan dapat dinikmati oleh semua kalangan
mulai dari balita-orang tua.
B. Saran
Didalam melakukan usaha dituntut untuk
selalu serius didalam berbagai persoalan dan selalu fokus pada peluang, kita
tidak bisa dalam memulai bisnis itu secara setengah-setengah, dan
bermalas-malasan yang berharap pada keberuntungan . terjadinya suatu kegagalan
berusaha sebenarnya bukan disebabkan oleh orang lain namun berasal dari diri
kita sendiri, dengan demikian ketekunan dalam menjalankannya dalah suatu
keharusan. Dalam berwirausaha perhitungan dalam awal usaha sangatlah penting,
karena apabila kita salah dalam menentukan perhitungan awal, maka yang akan
terjadi adalah ketidak seimbangan dalam pendapatan. Sebaiknya didalam memulai berwirausaha,
sebaiknya kita bertanya pada yang lebih berpengalaman.dengan semikian
setidaknya kita akan terhindar dari resiko kegagalan maupun kerugian.BAB IX
RESIKO
Resiko
yang mungkin terjadi dalam usaha yaitu persaingan dari pengusaha yang sama
memproduksi bronies berbahan ubi dan juga mutu dari bahan yang diperoleh bisa
saja memiliki kualitas rendah atau rusak karena tidak tahan lama sehingga
berdampak juga pada kualitas produk yang dihasilkan dan mengakibatkan
berkurangnya pembeli produk Sweet Bronies Ubi.
0 komentar:
Posting Komentar