Proposal Usaha Brownies Ubi Manis
BAB
I
Pendahuluan
A. LATAR
BELAKANG
Peluang
bisnis dalam bidang olohan makanan memang sangat menjanjikan untuk memperoleh
keuntungan yang sangat besar. Salah satunya adalah dengan mengolah “UBI UNGU”
menjadi Bronies yang Lezat dan digemari oleh masyarakat luas. Ubi jalar adalah
bahan makanan dari jenis umbi-umbian, selain singkong, talas dan kentang yang
bisa langsung diolah menjadi beragam makanan ringan yang lezat dan enak. Di
Indonesia , Ubi jalar sudah sangat dikenal oleh sebagian masyarakat.Namun
sayangnya, ubi jalar bukanlah jenis makanan favorit dan biasanya lebih dikenal
sebagai makanan rakyat pedesaan. Padahal, ubi jalar mengandung beragam gizi yang sangat baik, bahkan jika
kreatif dalam pengolahannya bisa menjadi lahan bisnis yang menguntungkan.
Pendirian
usaha ini dapat meningkatkan nilai tambah ubi dengan mengolahnya menjadi
“Bronies Ubi” dengan cita rasa yang khas. Sehingga dapat menjadi makanan ringan
yang menyehatkan.
BAB
II
BUSINESS
PLAN
A.
VISI & MISI
VISI
1. Untuk mengembangkan
kreatifitas dalam mengolah makanan terutama berbahan “Ubi”
2. Untuk mengenalkan ke
masyarakat bahwa ubi dapat diolah menjadi kue bronies yang lezat dan
menyehatkan
MISI
1.
Meningkatkan kualitas
dalam pengolahan ubi menjadi kue bronies
2.
Melayani konsumen
sebaik mungkin
3.
Menyiapkan lokasi yang
strategis dan nyaman bagi pengunjung
B.
IDENTIFIKASI USAHA
Usaha yang
dijalankan ini diusulkan oleh:
Nama :
Eni Ramadhaniati
Nama Usaha : Brownies Ungu
Alamat Usaha :
Perum Muria Indah Blok E 154
No. telp. Usaha :
085326028388
C.
RUANG LINGKUP USAHA
Usaha
ini masih berorientasi didalam kota Kudus saja. Namun lokasi usaha sangat
strategis karena berada di jantung kota. Lokasi usaha pun mudah dijangkau oleh
konsumen, tersedianya fasilitas listrik air dan telepon serta dekat dengan fasilitas
umum (jalan raya). Seiring berjalan nya waktu maka usah ini akan terus
berkembang hingga ruang lingkup usaha pun dapat mencapai hingga ke luar kota.
D.
TUJUAN
1. Membuat
produk makanan ringan yang lezat dan menyehatkan berbahan dasar ubi sehingga memiliki
inovasi baru dalam bentuk kue Bronies.
2. Mendapatkan
laba, sehingga meningkatkan perekonomian.
3. Memperkenalkan produk bronies ubi ini kepada
masyarakat luas sebagai makanan yg memiliki cita rasa khas dari ubi itu
sendiri.
BAB III
ANALISIS USAHA
A.
RENCANA PRODUK
Bronies ubi merupakan makanan ringan
yang lezat dan menyehatkan. Produk ini akan diolah dengan menggunakan bahan
dasar ubi ungu. Sehingga menghasilkan cita rasa yang khas dalam bentuk kue
bronies ubi.
B.
PRODUK/JASA
YANG DIHASILKAN
Keistimewaan bronies ubi:
1.
Makanan
ringan yang lezat dan menyehatkan.
2.
Bisa
di hidangkan sebagai kue ulang tahun, atau dinikmati pada waktu santai
3.
Dan
bisa dinikmati oleh semua kalangan.
4.
Harga
relatif terjangkau
BAB IV
DESKRIPSI TENTANG USAHA
A.
JENIS
USAHA
Jenis usaha merupakan UKM (Usaha Kecil Menengah)
yang memproduksi makanan ringan yang lezat dan menyehatkan berbahan dasar ubi
dengan cita rasa yang khas berupa kue Bronies Ubi.
B.
PROSPEK
USAHA
Usaha ini merupakan usaha kecil menengah, dalam usaha
ini belum membutuhkan karyawan banyak. Hanya pemilik dan 2 orang karyawan saja.
Namun dengan tempat strategis yang dimiliki akan sangat memungkinkan untuk
usaha ini dapat berkembang pesat seiring berjalan nya waktu.
BAB V
RENCANA PRODUKSI
A.
BAHAN BAKU DAN PENGGUNAANNYA
Bahan-bahan
untuk membuat Bronies Ubi :
1.
200
gram ubi ungu, dikukus, dihaluskan
2.
150
gram margarin
3.
200
gram dark cooking chocolate, potong-potong
4.
3
butir telur
5.
50
gram tepung terigu protein sedang
6.
25
gram cokelat bubuk
7.
15
gram susu bubuk
8.
½
sendok teh baking powder
9.
75
gram kismis, dipotong 2 bagian
10. 100 gram kacang tanahh, disangrai,
cincang kasar
11. 15 gram kacang tanah kupas disangrai,
dicincang kasar
B. PROSES PRODUKSI
Cara
Membuat Bronies Ubi Ungu .
1.
Panaskan
margarin. Matikan api. Tambahkan potongan dark cooking chocolate. Aduk sampai
larut. Tambahkan ubi ungu. Aduk rata. Sisihkan dan biarkan mengental.
2.
Kocok
telur dan gula pasir 2 menit sampai rata. Masukkan campuran margarin
sedikit-sedikit sambil dikocok rata.
3.
Tambahkan
tepung terigu, cokelat bubuk, susu bubuk, dan baking powder sambil diayak dan
dikocok perlahan. Masukkan kismis, dan kacang tanah. Aduk rata.
4.
Tuang
adonan di loyang yang dioles margarin dan dialas kertas roti. Taburkan kacang.
5.
Oven
dengan api bawah suhu 180 derajat celcius 30 menit sampai matang. Dinginkan.
BAB VI
RENCANA PEMASARAN
A.
ANALISIS
PERSAINGAN USAHA
Setiap kegiatan untuk memulai usaha harus mengukur
kemampuan terhadap lingkungan atau pesaing yaitu melalui analisis SWOT.
1.
Strength
(Kekuatan)
Untuk
bisnis bronies ubi itu sendiri masih memiliki peluang besar untuk menarik
perhatian para konsumen karena untuk pesaing nya sendiri masih belum banyak
yang membuka usaha kue bronies berbahan dasar ubi. Jadi untuk memperoleh
keuntungan besar sangat memungkinkan dari bisnis bronies ubi ini.
2.
Weakness
(Kelemahan)
Bronies
ubi ini tidak dapat bertahan lama karna pengolahan nya tidak menggunakan bahan
kimia atau bahan pengawet. Hanya berbahan dasar alami. Jadi kue ini hanya dapat
bertahan sekitar7 sampai 10 hari.
3.
Oppurtinity
(Peluang)
Peluang
yang ada dalam bisnis bronies ubi ini antara lain:
·
Bahan
baku yang mudah didapatkan.
·
Manfaat
ubi yang beranekaragam.
Kandungan
tanaman ubi sangat banyak, terdiri dari mineral, vitamin, karbohidrat, serat,
protein, lemak, dan lain-lain, sehingga apabila orang hanya mengonsumsi tanaman
ubi saja, sudah tercukupi secara minimal gizinya. Tanaman ubi dengan mudah
dapat dicerna, gula yang terdapat di tanaman tersebut diubah menjadi sumber
tenaga yang bagus secara cepat, dan itu bagus dalam pembentukan tubuh, untuk
kerja otot, dan sangat bagus untuk menghilangkan rasa lelah. Karena
manfaat-manfaat tersebut ubi banyak disukai oleh berbagai kalangan.
Lokasi
yang strategis, lokasi Sweet Bronies Ubi yang terletak ditempat-tempat
strategis dikota Balikpapan.
4.
Threath
(Ancaman)
Pesaing
dari bisnis bronies yang saat ini jauh lebih terkenal dan lebih dikenal oleh
masyarakat luas.
B. ANALISIS 4P
1. Produk
Produk yang diolah
adalah kue bronies berbahan dasar Ubi ungu. Tanpa bahan pengawet dan pembuatan
nya sangat mudah.
2. Price
Sweet Bronies Ubi
menawarkan harag yang dapat terjangkau oleh semua kalangan Rp 35.000/loyang
3. Promotion
Promosi awal akan
dilakukan dengan mendatangi rumah-kerumah dan menyebarkan pamflet-pamflet
kepada masyarakat dan pengguna jalan , sebagai pengenalan terhadap sweet
bronies ubi, selanjutnya apabila sweet bronies ubu mulai diminati, pasti akan
ada pihak-pihak yang menyebarkan lewat mulut-kemulut tentang kenikmatan yang
ditawarkan di sweet bronies ubi, dengan cara itu sweet bronies ubu yakin akan
dapat semakin dekat dengan konsumen dan dapat berkembang secara pesat.
4. Place
Sweet bronies ubi
menyediakan tempat yang dapat memberi kenyamanan bagi konsumen, karena pelayan
akan selalu menjaga kebersihan tempat dan juga peralatan yang digunakan.
Penataan ruangan yang rapi, meja dan kursi dengan jumlah yang cukup, akan
semakin membuat sweet bronies ubi menjadi tempat yang nyaman untuk para
konsumennya.
C. TARGET DAN SEGMENTASI PASAR
1. Geografi
Wilayah yang dijadikan
target dalam bisnis bronies ubi ini adalah wilayah jantung kota Balikpapan.
2. Demografi
Berdasarkan demografi
secara pasar kami bertuju pada mahasiswa, masyarakat khususnya yang terletak
disekitaran tempat usaha sweet bronies ubi ini.
D. STRATEGI PEMASARAN
1. Perkenalan Bisnis
Produk yang disajikan
adalah kue bronies yang berbahan dasar ubi yang merupakan makanan ringan
yang lezat dan menyehatkan. Serta dapat
dinikmati oleh semua kalangan.
2.
Membangun jaringan dengan usaha lain yang dapat mendukung bisnis
Usaha ini memiliki
produk kue bronies yang berbahan dasar ubi ungu, sehingga dapat bekerjasama
dengan perusahaan-perusahaan yang membuka usaha dengan produk yang sama yaitu
bronies.
3. Menciptakan inovasi pada desain yang ditawarkan
Produk yang disajikan
berupa kue bronies ubi dengan diolesi coklat lelet dan diberikan toping
kacang,kismis, dan dapat ditambahkan
buah-buahan diatasnya seperti strawberry ataupun kiwi. Bentuk maupun toping dari bronies ubi ini dapat dibuat
sesuai pemesanan dari pelanggan.
4. Meningkatkan kualitas bagi pelayanan
Menyediakan website
untuk wadah para konsumen memberikan saran atas produk yang dibuat oleh sweet
bronies ubi.
5. Media pemasaran
Kami menambahkan No.Hp
dalam brosur yang kami bagikan kesetiap pengunjung. Karena kami juga memberikan
jasa pesan antar bagi pelanggan yang ingin memesan brronies ubi ini. Selain
itu, kami akan mempromosikan produk kami melalui media social seperti facebook
dan twitter serta face to face.
BAB VII
RENCANA PERMODALAN
A. Biaya Awal
Biaya Variabel :
Sweet
Bronies Ubi
|
||||
No
|
Keterangan
|
Banyak
Produk
|
Biaya
Pokok
|
Jumlah
|
1
|
Tepung
Terigu
|
14
|
Rp 8.000
|
Rp 112.000
|
2
|
Telur
|
48
|
Rp 1.500
|
Rp 72.000
|
3
|
Baking
Powder
|
6
|
Rp 3.000
|
Rp 18.000
|
4
|
Coklat
blok
|
4
|
Rp 30.000
|
Rp 120.000
|
5
|
Gula
pasir
|
2,5
|
Rp 14000
|
Rp 35.000
|
6
|
Coklat
bubuk
|
2
|
Rp 3.000
|
Rp 6.000
|
7
|
Margarin
|
2
|
Rp 15.000
|
Rp 30.000
|
8
|
kismis
|
1,5
|
Rp 16.000
|
Rp 24.000
|
9
|
Kacang
tanah
|
1,5
|
Rp 12.000
|
Rp 18.000
|
10
|
Susu
bubuk
|
1
|
Rp 20000
|
Rp 20.000
|
TOTAL
SELAMA SEBULAN
|
Rp 455.000
|
Keterangan
: masing –masing jumlah x 4 minggu (1 bulan)
Biaya Tetap :
Sweet
Bronies Ubi
|
|||||
Biaya
Tetap (Fixed Cost)
|
|||||
No
|
Keterangan
|
Banyaknya
|
Harga/Satuan
|
Jumlah
|
|
1
|
Kulkas
|
1
|
Rp 2.500.000
|
Rp 2.500.000
|
|
2
|
Etalase
|
1
|
Rp 3.000.000
|
Rp 3.000.000
|
|
3
|
0ven
|
2
|
Rp 850.000
|
Rp 1.700.000
|
|
4
|
Lap
Tangan
|
1
|
Rp 15.000
|
Rp 15.000
|
|
5
|
Mixer
|
1
|
Rp 300.000
|
Rp 300.000
|
|
6
|
Pisau
|
1
|
Rp 7.000
|
Rp 7.000
|
|
7
|
Loyang
|
4
|
Rp 25.000
|
Rp 100.000
|
|
8
|
Kompor
Gas
|
1
|
Rp 500.000
|
Rp 500.000
|
|
9
|
Tabung
Elpiji
|
1
|
Rp 150.000
|
Rp 150.000
|
|
10
|
Banner,
Sticker & Daftar Harga
|
Rp 100.000
|
Rp 100.000
|
||
11
|
Sewa
Tempat
|
Rp 1.000.000
|
Rp 1.000.000
|
||
12
|
Regulator
& Selang
|
1
|
Rp 80.000
|
Rp 80.000
|
|
13
|
Biaya
Promosi
|
Rp 600000
|
Rp 600.000
|
||
14
|
Biaya
Listrik Air, & Telpon
|
Rp 200.000
|
Rp 200.000
|
||
15
|
Biaya
Pegawai
|
2
|
Rp 1.500.000
|
Rp 3.000.000
|
|
16
|
Biaya
Penyusutan Peralatan
|
Rp 1.952.316
|
|||
Total
|
Rp 15.204.316
|
Perhitungan Biaya
Penyusutan Peralatan :
1. Kulkas : Harga pokok = Rp.
2.500.000 = Rp. 41.667/bln
n 60
2. Etalase : Harga
pokok = Rp. 3.000.000 = Rp 50.000/bulan
n 60
3. Oven : Harga pokok = Rp.
1.700.000 = Rp 47.222/bulan
n 36
4. Mixer : Harga pokok = Rp.
300.000 = Rp 8.333/bulan
n 36
5. Pisau : Harga pokok = Rp.
7.000 = Rp 194/bulan
n 36
6. Loyang: Harga pokok = Rp.
100.000 = Rp 2.777/bulan
n 36
7. Kompor Gas: Harga pokok = Rp.
500.000 = Rp 8.333/bulan
n 60
8. Tabung : Harga pokok = Rp.
150.000 = Rp 4.167/bulan
n 36
41.66750.000
+ 47.222 + 8.333 + 194 + 2.777 + 8.333+ 4.167 =
Rp 162.693 x 12 bulan = Rp
1.952.316,00/tahun
B.
HARGA PER UNIT
Harga jual bronis ubi satu loyang Rp
35.000,Target penjualan bronies ubi per hari adalah 20 loyang
C.
MODAL AWAL
Total biaya awal : Rp 455.000 + Rp 15.204.316 = Rp 15.659.316
D.
ANALSIS KEUNTUNGAN
Waktu
berjualan yaitu hari senin s/d minggu. Berikut rinciannya :
1.
Pendapatan Harian = Rp 35.000 x 10 loyang =
Rp 350.000
2.
Pendapatan bulanan = Rp 350.000 x 30 hari =
10.500.000
3. Jika diasumsikan
penjualan 1 tahun konstan, maka:
4. Pendapatan
yang akan dicapai = Rp 10.500.000 x 12 = Rp 126.000.000
5. Dan
dengan biaya variabel = Rp 455.000 x 12 = Rp 5.460.000
6. Maka
laba kotor yang akan dicapai dalam 1 tahun
7.
Rp 126.000.000 – Rp 5.460.000 = Rp
120.540.000
E. PENGEMBALIAN MODAL
Total
modal awal : keuntungan per bulan = Rp 15.659.316 : Rp 10.500.000 = 1,5
bulan (35 hari)
BAB VIII
RESIKO
Resiko yang mungkin
terjadi dalam usaha yaitu persaingan dari pengusaha yang sama memproduksi
bronies berbahan ubi dan juga mutu dari bahan yang diperoleh bisa saja memiliki
kualitas rendah atau rusak karena tidak tahan lama sehingga berdampak juga pada
kualitas produk yang dihasilkan dan mengakibatkan berkurangnya pembeli produk
Sweet Bronies Ubi.
BAB X
PENUTUP
A. Kesimpulan
Usaha bronies ubi ini merupakan usaha
yang memiliki peluang besar untuk memperole keuntungan besar dan menarik banyak
pelanggan. Karena manfaat dari ubi itu sendiri serta dapat menciptakan rasa
yang khas sebagai makanan ringan yang lezat dan menyehatkan. Dan juga usaha
sweet bronies ubi ini memiliki tempat yg strategis yaitu di jantung kota
balikpapan serta memiliki harga yang relatif terjangkau. Dan dapat dinikmati
oleh semua kalangan mulai dari balita-orang tua.
B. Saran
Didalam melakukan usaha dituntut untuk
selalu serius didalam berbagai persoalan dan selalu fokus pada peluang, kita
tidak bisa dalam memulai bisnis itu secara setengah-setengah, dan
bermalas-malasan yang berharap pada keberuntungan . terjadinya suatu kegagalan
berusaha sebenarnya bukan disebabkan oleh orang lain namun berasal dari diri
kita sendiri, dengan demikian ketekunan dalam menjalankannya dalah suatu
keharusan. Dalam berwirausaha perhitungan dalam awal usaha sangatlah penting,
karena apabila kita salah dalam menentukan perhitungan awal, maka yang akan
terjadi adalah ketidak seimbangan dalam pendapatan. Sebaiknya didalam memulai
berwirausaha, sebaiknya kita bertanya pada yang lebih berpengalaman.dengan
semikian setidaknya kita akan terhindar dari resiko kegagalan maupun
kerugian.BAB IX
RESIKO
Resiko yang mungkin
terjadi dalam usaha yaitu persaingan dari pengusaha yang sama memproduksi
bronies berbahan ubi dan juga mutu dari bahan yang diperoleh bisa saja memiliki
kualitas rendah atau rusak karena tidak tahan lama sehingga berdampak juga pada
kualitas produk yang dihasilkan dan mengakibatkan berkurangnya pembeli produk
Sweet Bronies Ubi.
0 komentar:
Posting Komentar